Mau Pintar Bahasa Inggris ? Jerman ? Prancis ? Jepang ? atau Bahasa Jawa ? Nih kuncinya…

Beberapa waktu yang lalu aku pernah menonton film dokumenter di Metro TV, waktu itu lagi ngebahas tentang keajaiban bayi. Subhanallah, ternyata seorang bayi yang baru lahir diberi kemampuan untuk menguasi seluruh bahasa dunia. Namun, seiring bertambahnya umur sang bayi, kemampuan pengenalan bahasanya semakin menurun. Sang bayi hanya akan mengenal bahasa yang sehari-hari yang dia dengar aja.

Jadi kalau mau membuat seorang anak pintar bahasa asing, ajaklah ngobrol dengan bahasa asing itu sejak dalam kandungan hingga lahir dan awal-awal kehidupannya.

Cita-citaku sih pengen punya anak yang pintar bahasa Indonesia (pasti donk), Arab, dan Inggris. Karena itu mulai saat ini aku sebagai calon orang tua, harus lebih dulu pinter bahasa Arab dan Inggris.
Wah berarti udah telat donk kalau kita mau jadi ahli dalam bahasa asing ? Harus ngulang jadi bayi donk ? Hehehe…

Ga usah jadi bayi kembali kalau hanya sekedar ingin membuat bahasa asing kita berkembang. Ga ada kata telat untuk belajar.

Sesungguhnya, yang paling penting dari sebuah komunikasi dengan orang lain adalah orang tersebut mengerti maksud kita. Begitu juga sebaliknya. Kita mampu mengerti maksud lawan bicara kita. Itu saja. Entah itu dengan bahasa tulisan, lisan, atau bahkan isyarat. Hal-hal seperti itu hanyalah jalurnya aja untuk berkomunikasi. Hakekat dari komunikasi adalah terwujudnya kepahaman antara satu orang dengan orang lain.

Aku ambil contoh perjalananku beberapa waktu lalu ke swiss. Bahasa yang paling banyak digunakan di negara ini adalah bahasa Prancis. Bahasa lainnya yang biasa dipakai antara lain Jerman, dan Italia. Sedangkan waktu itu aku hanya mengerti bahasa Inggris. Dan belum tentu semua orang di Swiss ngerti bahasa Inggris.

Waktu itu, aku masuk ke sebuah toko yang menjual souvenir untuk aku bawa pulang ke tanah air. Dan apes-nya, penjualnya ga ngerti bahasa Inggris. Dia hanya bisa bahasa Prancis. Nah, gimana proses jual beli itu berlangsung ?

Si penjual terus aja nyerocos dengan bahasa Prancis-nya sambil menggerak-gerakkan tangannya yang kadang nunjuk barang, kadang juga membuat angka dengan jarinya.

Dan ajaibnya aku bisa ngerti apa yang dia maksud, walaupun ga persis seperti yang dia maksud. Aku tahu maksudnya sewaktu aku mau ngambil barang di bagian depan toko nya. Terus dengan bahasa Prancisnya dia bilang kalau itu jangan diambil. Itu hanya sebagai display. Entar dia akan mengambilkan stoknya di gudang.

Dari kejadian itu aku bisa ambil kesimpulan, kalau untuk berkomunikasi secara sederhana dengan orang asing tidak perlulah terlalu ngerti bahasanya. Secara naluriah kita punya gerakan-gerakan isyarat, yang memungkinkan kita mengerti maksud orang tersebut.

Namun akan lain ceritanya jika penggunaan bahasa asing ini untuk perbincangan yang lebih lanjut. Tentu aja ga bisa dengan bahasa isyarat. Misalnya dalam sebuah konferensi internasional. Ga lucu kan kalau kita pake bahasa isyarat di konferensi internasional ? (terkecuali bagi rekan-rekan yang memiliki keterbatasan fisik untuk berkomunikasi).

Nah, untuk yang satu ini saya punya kuncinya. Cuma satu aja kok. Yakni kosa kata.
Apapun bahasanya, kosa kata adalah hal yang utama. Ingat kan ketika kita baru lahir ke dunia ini ? Apakah kita peduli dengan aturan tata bahasa ? Ga kan ? Kita bicara aja seenaknya (tentu aja sesuai dengan kata-kata yang udah pernah kita dengar).

Nah, bahkan ketika umur 2 tahun kita udah lancar bicara, namun bahasa kita masih ga terstruktur dengan baik kan ? Bahkan hingga kita tua. Tata bahasa hanya kita gunakan dalam tulisan-tulisan resmi aja kan ?

Seperti itu juga ketika mempelajari bahasa asing. Jangan terlalu pusing dengan tata bahasa dulu. Pelajari dulu kosa katanya. Entar kalau udah punya banyak kosa kata, baru deh coba cari lawan bicara. Atau setidaknya kalau sulit mencari lawan bicara, dengerin aja orang yang asli bicara bahasanya.

Entar lama-lama, otak kita akan memasukkan bahasa itu ke dalam sistemnya. Kalau sudah begitu, bahasa asing kamu tinggal cas-cis-cus doank…

40 thoughts on “Mau Pintar Bahasa Inggris ? Jerman ? Prancis ? Jepang ? atau Bahasa Jawa ? Nih kuncinya…”

  1. aq belajar 12 bahasa asing. Yang disebutin di atas tuh aq pelajarin semua. Pusing sih, tapi nyenengin. org2 gak percaya aq bljr bhs asing segitu banyaknya…..Tapi ALHAMDULILLAAAAAAAAAHH…….SUBNAHALLAH….aq bisa….ALLAH HU AKBAR!!!

  2. assalamu’alaikum..

    betul!!
    jadi inget nih ma novel laskar pelangi..
    yang pualing pinter ndiri tuh lo.. sapa namanya?? haduuh lupaa..

    y pokoknya sama ma yg antum blg..
    blajar bahasa asing lbh baik tw kosa katanya dulu baru tata bahasanya..
    yaa smacam yg antum bilang deh!!

    tambahan!!
    ttg ndengerin orang aslinya ngomong lewat film2 asing aja..
    tapi artinya dihilangin..
    jd qt bs nyoba latian listening ma lgs ngliat ekspresi mukanya.. kan lumayan tuh mbantu bgt..
    atw klo yg suka mbaca buku atw komik. coba baca buku/komik yg dlm bhs asing.
    soalnya nanti klo ad kosa kata yg g ngerti, kan bisa ngerti lwt alur ceritanya tul g??

    oce deh!!
    slamat mcobaa!!
    ^_^

  3. tolongin kita semua ya. bagaimana bercakap-cakap harian dalam bahasa jerman dan terjemahannya. biar kita semua agak kece gitu lho

  4. iya lho saya aja yng tgl di amrik kadang2 kalo ngomong nerocos aja gak pake gramer yng penting orangnya ngerti , sedangkan anak saya ngomong terus pake bhs inggris saya ngejawabnya pake bhs JAWA kental and bhs INDONESIA istilahnya saya don’t care yng penting anak komunikasi walaupun mamanya lidah orang indo

  5. pak aku minta bantuannya…tolong kirimkan aku kosa kata yang harus aku kuasai, biar aku bisa berbahasa inggrsi dengan baik.

  6. SetUjuUu…
    Aq mau d0nk dikasih k0sa kata. Aq pgn bgt bs fasih b.inggris n b.araB. Coz aq mw daptar pramugari. Tlg y, thx..

  7. untuk menguasai bahasa asing dengan mudah dan cepat;
    A.speaking ;ini adalah komponen terpenting ssaat kita belajar bahsa asing .kita belajar dari bahsa ibu dimana kita mendengar kata -kata yang diucapkan oeh orang -orang disekitar kita. caranya ? lenturkan lidah kita dngan cara kita berpura-pura bisa berbahsa asing dgnan baik kalau bisa cari video bahasa asing sasaran kita ,tiru logat dan cara pengucapannya.belajarlah untuk mengucapkannya dengan cepat.
    B.mulai dengan percakapan dasarnya ,kata-kata dasarnya ucapkan berulang ulang dengarkan berulang ulang ,beli buku terbaik tentang bahsa itu . mengapa hanya kata-kata dasarnya ? para pakar linguistik sepakat bahwa 98% seluruh percakapan yang ada menggunakan hanya sekitar 2000 kosa kata.artinya hanya dengan menguasai 2000 vocab saja kia sudah bisa berkomunikasi dengan baik,kuncinya ucapkan dngan baik ,engar dengan baik ,tulis dengan baik.dan yang kadang dilupkan adalah ,pelajari bahasa asing layaknya bahasa ibu artinya kita menceburkan secara total diri kita dalam bahsa asing itu
    maksudnya jangan gunakan sistem terjemahan yang justru akan menyulitkana kita mencari padanan bahasa ibu kita .
    C. sekarang era internet ,manfaatkan internet untuk mengasah kemampuan b.asing kita .contoh gunakan situs http://www.polyglot.com disitu kita gunakan untuk meminta orang lain mengajari bahsa asing kepada kita dari seluruh dunia.
    d.setelah kita menguasai percakapan dasar,stelah sebelumnya kita mengabaikan tata bahasa ,barulah kita mendalami tata bahasa dan seluk beluk bahsa itu.
    BEBERAPA PERTIMBANGAN;
    1.jangan hafalkan kosa kata satu persatu seperti maaf saran mas willlyhandarwo, mengapa? karena itu akan menyulitkan otak kita merangkai sebuah kata dan itu bertentangan dengan cara kerja otak kita berbahasa . sebaiknya hafalkan kosa kata sebgai ssebuah kata terangkai yang punya arti(kalimat) terlebih kalimat pendek tak lebih dari 7 kata. lebih baik kalima lucu ,berkesan bahkan jorok.
    2.buat cara belajar yg lebih kreaif.misal belilah beberapa buku pecakapan pelajari temanya masukkan kekomputer kita buat gambar penuh warna yang menggambarkan isi dan situasi percakapan itu usahakan cetak dalam ukuran A4 sisipkan audio nnya untuk kita dengar sambil kita membaca teksnya dan memvisualisasikan situasi dan emosi didalamnya juga musik lembut seperti musik barok yang lembut dan menenramkan hati, tujuannnya untuk merilekan pikran kita agar mencapai tahap gelombng alfa dimana pada gelombang inilah otak kita menjadi sangat reseptif artinya bsa menyerap informasi dengan mudah bisa dipraktekan kapanpun dan diulangi sebelum tidur . saya hqqul yakin jika diterapkan dengan baik ,hanya dlam waktu 3 bulan bisa menyamai hasil yang diperoeh dengan kursus intensif metode kovensional selam 3,5 tahun . cara ini telah dipraktekkan di bulgaria oelh georgi lozanoz yg berhasil secara mengagumkan ,rata-ata muridnya mampu menguasai 350 -500 kata dlam waktu satu minggu juga berhasil dengan baik di amerika oleh barzak institute .
    sekian apa yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan maaf jika kepanjangan mohon maaf .

  8. AKU SANGAT MENGINKAN PINTAR DALAM BERBAHASA INGGRIS, MELIHAT ORANG LAIN PASEH DALAM MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS, HATI KU MULAI TERSENTUH INGIN PINTAR PULA SEPERTI DIA. TIDAK USAH BERPIKIR TERLALU MULUK-MULUK INGIN SEPERTI DIA, SETIDAKNYA SAYA BISA MELEBIHI DIA. AMIN….
    SEMOGA ALLAH MENGABULKAN APA YANG KITA INGINKAN SEMUA.

    1. untuk melatih bahasa inggris banyak video pengajaran yang dapat ditemukan , bisa dengar lagu -lagu dan menonton film yang memakai bahasa inggris . Metode tempat saya kursusuntuk belajar bahasa inggris , guru saya melarang menggunakan bahasa indonesia di kelas bahkan bicara sama teman saja saya tidak boleh bicara bahasa indonesia , kadang-kadang menulis lirik suatu lagu yang distel di kelas , setelah hasil tulisan lirik tersebut dibandingkan sama lirik asli , terletak kesalahan penulisan kata dari lagu yang didengar , ada sesi menonton film bahasa inggris , distelnya cuma subtitle bahasa inggris

  9. Yahhh…., kirain da latian percakapan bahasa arabnya, ndak taunya…… Tapi gak pa pa kok. Anggap aja tips ‘n trik buat bisa berbicara bahasa asing. siiiiiipp….

  10. gimana ci..caranya supaya bisa bahasa inggris.padahal bahasa inggris udah bahasa internasional.w dah 9 th belajar bahasa inggris,pe taunya “yes no ” doank.kalau bahasa jawa w jagonya.kalau bahasa inggris pangapunten mawon lah…tolonk donk kasih tau caranya gimana?pa lgi suruh bedain rumus sama guru.w dah angkat tangan

  11. :-) ,,,, knp ea bljar bhsa asing i2 ssh bgd ?????? pdhl qhue tiap hri buka kamus,,, v khoq gc bza” ea ??? ad iiank tw solusix gvc ?????? :-(

  12. hal paling sulit itu dari cara pengucapan , karena bahasa inggris cara pengucapan orang amerika , inggris , australia , pokoknya negara pengguna bahasa inggris beda sama orang tidak memakai bahasa inggris

  13. metode di kursus saya : guru saya melarang penggunaan bahasa indonesia di kelas termaksud berkomunikasi dengan teman pun harus menggunakan bahasa inggris
    metode mendengarkan lagu : di kelas , saya dan teman -teman sekelas distel lagu bahasa inggris , kami disuruh menulis lirik apa saja yang dinyanyikan oleh penyanyi . setelah selesai ditulis , baru dibandingkan dengan lirik yang asli , terletak di situ kesalahan penulisan kata , ini untuk melatih pelafalan kata
    metode menonton film non translete : ada sesi menonton film di kursus saya , film tersebut distel cuma subtitle bahasa inggris . saya menonton big moma’s house , film tersebut disubtitle bahasa inggris saja , ini untuk melatih komunikasi bahasa inggris .
    https://www.youtube.com/watch?v=zash7H0eMQ4 , ini link buat mbak belajar bahasa inggris amerika .

    https://www.youtube.com/watch?v=KlqB1UNV7O4 ini link buat mbak belajar bahasa inggris british

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>